Sabtu, 17 November 2007

Menyelam


Sejak berabad-abad lalu, Indonesia dikenal sebagai negara bahari yang kaya. Kekayaan dan keindahan dasar laut kita, sungguh tak ternilai, sehingga memancing para turis mancanegara untuk berpetualang disini. Sebut saja Taman laut Bunaken, Bali, Lombok, Kepulauan Maluku, sampai perairan irian, punya pesona taman laut yang menawan. Pesona bawah laut yang kaya dengan aneka jenis ikan, rumput laut, karang dan penghuni bawah laut lainnya, hanya bisa kita nikmati dengan menyelam. Makanya, nggak heran jika olahraga yang dikenal dengan nama diving ini, diminati banyak orang yang suka tantangan.

Para penyelam harus tau temtang alat-alat yang dipakai dan bagaimana cara memakainya. Misalnya cara memakai masker, fins atau kaki katak, bouyancy, alat pemberat, dan tabung selam. Para penyelam juga harus memahami bagaimana bahasa-bahasa isyarat yang diberika oleh pendamping atau seorang dive master, karena jika sudah di dalam air, kita tidak mungkin berkomunikasi dengan bicara.

Melihat keindahan laut dengan hanya menggunakan masker, snorkle, dan fin diberi nama skin diving. Kita hanya mengapung dan bernafas lewat snorkle, tanpa menggunakan tabung selam. Beda dengan scuba diving, yang harus memiliki sertifikat dengan tingkatan-tingkatan tertentu. Saat menyelam kita juga harus hati-hati, jangan sampai menyentuh apalagi menginjak-nginjak karang yang ada. Sebab, sentuhan sedikit saja bisa merusak karang tersebut. Pengalaman diving ini bisa membangkitkan kecintaan kita pada laut. Bagaimana nggak??? Dibawah kita bisa ngeliat ikan-ikan lucu dan berwarna-warni, ada gurita kecil, bisa ngeliat penyu, pokoknya keren bener...... kita bakal sedih kalau sampai mahluk-mahluk ini kabur dari perairan Indonesia.

Bagi teman2 yang mempunyai hobi diving, mungkin kapan2 kita bisa diving bareng..... hehe!

Tidak ada komentar: